Berwisata ke Candi Sambisari Candi Yang Dirangkai Selama 21 Tahun

Candi Sambisari merupakan sebuah bagunan candi yang telah terkubur selama ratusan tahun, yang pada pertama kalinya bongkahan pertama pada bagunan ini ditemukan pada tahun 1966. Dan dikumpulkan sampai terbentuk bagunan dengan rekonstruksi candi seperti sekarang ini selama waktu 21 tahun, pada awalnya bagunan Candi Sambisari ini ditemukan oleh seorang warga yang bernama Karyowinangun yang sedang mencangkul tanah disawahnya.

candi sambisari_1

Aktifitas di Candi Sambisari

Aktivitas yang bisa anda lakukan disekitar bagunan Candi Sambisari adalah berbagai aktivitas sebagai berikut :

  1. Dapat menikmati keindahan Candi Sambisari dalam keberagaman hiasan berupa berbagai macam motif batik, yang ada pada bagian bagunan Candi Sambisari dari mulai tubuh sampai dengan pada bagian puncak luar Candi Sambisari.
  2. Pada saat anda memasuki bagunan pintu pada candi induk dengan menaiki anak tangganya, maka anda akan menemukan sebuah hiasa berbentuk seekor binatang berupa singa yang terdapat pada mulut makara. Sedangkan makara sendiri adalah dalam sebuah mitologi Hindu diartikan sebagai hewan ajaib, yang mulutnya menganga. Makara yang terdapat pada bagunan Candi Sambisari ini, dipercaya dan dikatakan sebagai efolusi dari makara yang berada di negara India.
  3. Setelah melewati anak tangga terakhir pada pintu masuk induk tadi, maka anda akan dihadapkan pada sebuah selasar dengan luas satu meter. Dan ketika anda mengelilinginya maka anda akan menemukan 3 relung, yang didalamnya terdapat satu arca pada setiap relungnya.
  4. Dan pada intinya anda akan melihat sebuah keindahan dari sebuah bagunan bersejarah yang pernah terkubur selama ratusan tahun, namun masih tetap bisa berdiri dengan bantuan dari jasa para arkeolog selama 21 tahun. Tertarik dengan keindahannya wisata Candi Sambisari selengkapnya ? Mari kunjungi warisan budaya bangsa pada bagunan Candi Sambisari ini.

Lokasi Bagunan Candi Sambisari

Bangunan Candi Sambisari ini berada pada lokasi Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

candi sambisari_2

Rute menuju Bangunan Candi Sambisari

Apabila anda ingin mengunjungi komplek Candi Sambisari maka caranyapun cukuplah mudah ditemukan, sebab lokasinya yang berdekatan dengan kawasan wisata Candi Prambanan dan juga Candi Sari Kalasan. Anda arahkan menuju kearah barat melalui kota Jogja dengan melewati kalasan, lalu sekitar 6 km kemudian berbeloklah kearah kanan menuju Balai Diklat Keuangan Jogja. Lalu setelah menempuh jalam kearah utara dalam waktu sekitar kurang lebih 7 menit, anda akan sampai pada lokasi tujuan anda yaitu Candi Sambisari yang berada bagian kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

Untuk dapat menikmati kebersamaan bersama setiap anggota keluarga anda, juga mengenalkannya dengan salah satu warisan budaya bangsa berupabangunan Candi Sambisari anda akan bisa memasuki kawasan ini tanpa dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Jam Buka

Apabila anda ingin menikmati salah satu tempat wisata bersejarah maka tidak ada salahnya jika anda berkunjung pada wisata Candi Sambisari ini, yang mulai dibuka pada pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 WIB, untuk menikmati waktu bersantai bersama dengan anggota keluarga tercinta.

Related posts:

Alinds Transport Rental Mobil Jogja