Kraton Jogja / Sultan Palace, Wisata Ikonik Jogja

Kraton Jogja seringnya jadi agenda wajib study tour. Kraton adalah salah satu situs sejarah yang wajib dikunjungi sebab ada banyak pelajaran di dalamnya. Mengenal sejarah kebudayaan bangsa akan menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. Selain untuk tujuan pendidikan, kraton juga merupakan tempat wisata unik.

HAL MENARIK DI KRATON JOGJA

  • Nilai Budaya dan Sejarah yang Bagus

Daya tarik utama dari Keraton adalah nilai budaya dan sejarahnya. Kraton ini dibangin oleh Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1755. Pendirian situs ini atas hasil dari perjanjian Giyanti. Yaitu berisi tentang pemecahan wilayah kerajaan Mataram Islam. Dari perjanjian itu muncul kerajaan Ngayogyakarta Surakarta. Hingga kini, kraton Jogja jadi situs terbaik hasil peninggalan kerajaan Mataram.

  • Ukuran Bangsal Pagelaran sangat Luas

Di dalamnya terdapat semua koleksi pakaian kebesaran Raja jaman dulu. Ada juga koleksi pakaian kerabat kerajaan, pangeran, prajurit hingga abdi dalem. Sebelah selatan dari Bangsal Pagelaran ini ada patung abdi dalem yang menyambut. Patung ini menjaga ruangan area sekitar yang menyajikan dinding berukiran gambaran sejarah masa lalu. Kamu bisa mempelajari sejarah keraton secara visual.

Setelah melewati dinding-dinding berukiran tersebut kamu akan melihat tangga. Tangga ini mengarah ke Bangsal Sitihinggil. bangsal Siti Hinggil adalah tempat singgasana sang Sultan. Di sini Sultan Hamengku Buwono akan duduk selama perhelatan acara Pelantikan, Pisowanan Ageng dan acara kerajaan lainnya.

  • Bioskop Sederhana

Di samping bangunan Bangsal Sitihinggil terdapat bioskop sederhana yang dibuat sedemikian rupa. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mempelajari lebih dalam mengenai keraton dan kerajaan dalam sebuah film dokumenter.

  • Regol Keben

Lanjut, ke arah dalam lagi kamu akan menemui Regol Keben yang merupakan pintu lain dari wisata Kraton Jogja. Dari Regol Keben ini, di bagian tengah terdapat Bangsal Ponconiti. Dahulu kala bangsal ini digunakan sebagai lokasi peradilan orang-orang yang bersalah. Peradilan tersebut dipimpin langsung oleh Sultan Hamengku Buwono. Bangsal Ponconiti juga digunakan sebagai lokasi Garebeg Sekaten.

  • Tempat Acara Kesenian

Selanjutnya kamu akan memasuki inti dari kompleks wisata kraton Jogja yaitu Regol Srimanganti. Area ini sering dijadikan sebagai tempat untuk menggelar acara kesenian seperti tari-tarian, wayang wong maupun wayang kulit. Di samping Regol Srimanganti terdapat Bangsal Traju Mas yang merupakan tempat penyimpanan koleksi pusaka kraton, tandu serta meja hias. Kemudian kamu akan menemui Bangsal Danapratopo yang dijaga oleh 2 patung Gupala.

  • Terdapat Kantor Pemerintahan Kerajaan Ngajogyakarta Hadiningrat

Kemudian kamu akan masuk Bangsal Kencana yang menurut kepercayaan merupakan lokasi paling sakral. Bersebelahan dengan Ndalem Ageng Proboyekso yang digunakan sebagai kantor pemerintahan kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat. Sebelah timur Bangsal Kencana terdapat ruang penyimpanan berbagai koleksi seperti batik, keris, cinderamata, pusaka dan masih banyak lagi.

  • Bisa Melihat Berbagai Pertunjukan

Selama berada di dalam kompleks keraton kamu bisa menyaksikan berbagai pertunjukan. Masing-masing sudah terjadwal. Setiap hari Senin dan Selasa mulai pukul 10.00 waktu setempat terdapat pertunjukan Gamelan. Hari Rabu mulai waktu yang sama terdapat pergelaran Wayang Golek Menak.

Hari Kamis mulai pukul 10.00 digelar pertunjukan tari tradisional. Hari Jumat mulai pukul 09.00 kamu bisa menonton Macapat. Hari Sabtu kamu bisa menonton pertunjukan Wayang Kulit. Hari Minggu terdapat pertunjukan Wayang Orang dan tari mulai pukul 09.30.

  • Pemesanan Tour Guide Sangat Mudah

Pergelaran tersebut sangat menarik minat pengunjung baik dalam maupun dari luar negeri. Sebab saat ini sudah jarang terdapat pertunjukan serupa di daerah-daerah. Untuk membantu memandu wisatawan mempelajari setiap sudut keraton, sudah disediakan tour guide. Kamu bisa memesan melalui ticketing jika menginginkan pendampingan selama mengeksplor lokasi wisata kraton Jogja.

Kompleks kraton dijaga kebersihannya setiap waktu. Jika kamu berada di dalamnya hawa sejuk selalu terasa meski bukan di dataran tinggi. Banyak pohon tinggi yang menaungi area kraton dan setiap Bangsal. Lapar? kamu bisa menyantap makanan enak di Bale Raos. Ada berbagai sajian kuliner khas yang bisa kamu nikmati.

Harga Tiket Masuk Kraton Jogja

Untuk menikmati keindahan wisata kraton Jogja kamu cukup membayar sebesar Rp 10.000/orang. Harga yang sangat terjangkau untuk mengeksplor semua kawasan sarat nilai sejarah ini. Selain itu ada biaya tambahan sebesar Rp 1.000 jika membawa kamera. Perhatikan jam kunjungan jika berencana mendatangi tempat wisata ini. Sebab keraton dibuka untuk umum mulai pukul 09.00 hingga 14.00.

Akses Menuju Lokasi Kraton Jogja

Untuk menjangkau area kraton sangat mudah. Dari arah jalan malioboro kamu bisa naik becak. Jika dari sini kamu akan masuk melalui pintu utara. Sebelum masuk gerbang kamu akan menemukan penjual aksesoris pinggir jalan. Barang-barang yang mungkin akan kamu butuhkan selama di dalam kraton seperti kaca mata, topi, kipas dan sebagainya.

Di depan gerbang utara ini kamu juga bisa mengganjal perut dengan aneka jajanan. Banyak penjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Tidak butuh waktu lama untuk sampai ke area kraton. Kurang lebih 10 menit mengendarai becak.

Tips selama Berwisata di Keraton Jogja

  1. Gunakan Pakaian Sopan

Tips utama mengunjungi kompleks budaya seperti kraton adalah mengenakan pakaian nyaman dan sopan. Menyesuaikan dengan keagungan lokasi yang dituju. Di dalamnya nanti kamu juga akan disambut para petugas yang semuanya menggunakan pakaian adat Jawa. Sehingga tidak sungkan untuk masuk ke area-area tertentu yang diijinkan.

  1. Gali Informasi Detail-Detailnya

Jika tidak didampingi oleh tour guide kamu bisa mengikuti alur setiap jalan yang ada. Semua sudah tertata sedemikian rupa sehingga tidak ada satu area yang terlewat.

  1. Perhatikan Izin Pengambilan Foto

Bisa jadi ada beberapa bagian yang tidak diperkenankan diambil gambarnya. Kamu harus mengikuti aturan ini meski tidak diawasi secara langsung. Jangan lupa membawa bekal berupa minum sebab komplek wisata kraton Jogja sangat luas, sehingga butuh banyak tenaga untuk menyelesaikan eksplorasi kamu.

Setelah melihat ulasan di atas, jangan heran jika banyak turis mancanegara datang ke lokasi ini. Meski dibuka untuk umum, namun banyaknya pengunjung di lokasi ini tidak mempengaruhi eksistensi. Kebersihan tetap terjaga, bahkan meski sedang ramai suasana tetap tenang tidak gaduh. Seolah mendapat aura positif dari keagungan Keraton dan lingkungan sekitarnya.

Alinds Transport Sewa Mobil Jogja Designed by www.pixelldesign.com
KONTAK WA 1
KONTAK WA 2
LOKASI KAMI