Apa saja Keunikan Maliboro Jogja , Simak disini

Malioboro merupakan salah satu tempat yang paling terkenal di Jogja. Banyak orang gak mau meninggalkan jogja sebelum mengunjungi Malioboro. Bagaimana malioboro itu dan apa saja yanga ada di sana, simak ulasan berikut ini

Jalan Malioboro ini memiliki panjang sepanjang 2,5 kilometer yang memanjang dari area Tugu Yogyakarta hingga ke Kantor Pos di Yogyakarta. Yang paling menariknya lagi adalah, disini tidak pernah sepi pengunjung setiap hari. Bahkan, banyak orang menyebut bahwa jalan ini adalah titik garis imaginer yang telah menghubungkan di antara pantai Parangtritis, dengan Keraton Yogyakarta dan juga gunung Merapi.

Sejarah Jalan Malioboro

Awal mula nama Malioboro ini dulunya terdapat 2 versi. Versi pertama diambil dari kata sansekerta yang memiliki arti, sebagai karangan bunga. Karena dulu sepanjang jalan Malioboro ini dipenuhi dengan karangan bunga saat ada acara atau hajatan di keraton. Sedangkan untuk versi yang kedua, nama ini sebenarnya berasal dari bangsawan Inggris, yang bernama Marlborough yang dulu tinggal disini pada tahun 1816 hingga 1881.

Shopping di Malioboro

Malioboro sangat terkenal sebagai tempat perbelanjaan. Banyak dept store dan toko beraneka ragam yang menjual berbagai kebutuhan, fashion, batik dll. Juga terdapat Malioboro Mall yang tentu saja menyenangkan untuk jalan jalan

Trotoar dengan tempat duduk untuk menikmati susana Kota

Saat ini trotoar malioboro sudah sangat rapi, bahkan diberikan tempat duduk yang banyak sehingga kita bisa menikmasi suasa kota Jogja baik siang hari maupun malam hari. Kursi ini ada di samping kanan dan kiri jalan dengan susunan yang rapi sehingga pengunjung nyaman.

penampilan-trotoar-malioboro

Trotoar Malioboro

Musik Jalan Malioboro

Ketika berjalan di Jl Malioboro anda akan menemui keuinikan baru, Anda  akan  mendengar alunan music  dimainkan secara langsung oleh para seniman yang ada di Yogyakarta. Instrument menggunakan tong diganbung dengan angklung. Bahkan anda bisa request lagu pada mereka. Tak hanya kadang mereka juga membawa penyanyi khusus yang suaranya lumayan . Tak sekedar di siang hari saja, tempat ini pun juga selalu ramai pada malam hari. Bahkan pada malam hari banyak terdpat  lesehan dan juga angkringan

 

Pedagang Souvenir dan Kaki Lima Malioboro

Ada hal yang unik lagi yaitu di sepanjang jalan Malioboro terdapat banyak pedagang yang menjual banyak souvenir khas Yogyakarta, seperti kaos, batik, dan aneka cenderamata. Tak hanya itu, Malioboro juga banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan bervariasi yang bisa dinikmati lesehan baik siang maupun malam.

trotoar-malioboro-kaki-lima

Penjual Souvenir Malioboro

Titik 0 ( Nol ) Kilometer Malioboro

Tempat ini sangat terkenal yaitu di ujung selatan. Terdapat pelaran luas yang banyak digunakan pengunjung untuk duduk santai disini. Banyak juga yang foto selfie dengan latar belakang Gedung Agung dan Kantor Pos yang sangat terkenal di Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta

Tempat ini adalah pusat budaya dan juga pemerintahan yang ada di provinsi DI Yogyakarta. Dulu tempat ini menjadi sebuah kerajaan dan juga tempat tinggal bagi keluarga para Sultan. Semua tata letak dan juga detail bangunannya telah diatur dengan falsafah dari budaya Jawa. Kini keraton ini telah menajdi tempat wisata yang dibuka setiap hari pada jam 08.30 sampai dengan 12.30. sementara untuk hari Jum’at beserta Sabtu, keraton ini ditutup lebih awal, di jam 11.00.

Sekaten adalah salah satu bagian dari tradisi kraton untuk memperingati tahun baru Islam  atau Muharam yang merupakan pesta rakyat sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan. Di Sekaten kita bisa menyaksikan beraneka ragam pertunjukkan hiburan rakyat mulai dari kesenian tradisional, kuliner tradisional hingga permainan tradisional yang dipadu dengan wahana-wahana permainan modern bagi anak-anak.

Beberapa wahana yang tersedia di pasar malam ini antara lain :
Bom Bom Car, Komidi Putar, Ombak Banyu, Kincir , Rumah Hantu , Istana Busa, Mainan Kereta Api dll.

Selain wahana permainan , pada perayaan pasar malam sekaten juga tersedia berbagai jualan yang murah diantaranya : Baju anak anak sampai dewasa, peralatan rumah tangga, mainan anak, hingga berbagai souvenir menarik dengan harga yang relative murah.Anda bisa menawar dan mebandingkan harganya dulu sebelum membeli. Tak hanya itu , aneka makanan pun banyak sekali yang dijual, mulai dari makanan tradisonal yang unik hingga makanan modern.

Meski era modern berpengaruh terhadap keberadaan Sekaten tapi nilai-nilai tradisi dan budaya sekaten  terus dijaga dengan baik. Sekaten diadakan selama sebulan penuh dan berlokasi di alun-alun utara depan kraton Yogyakarta,Dalam waktu tertentu keraton akan dibuka untuk umum agar pengujung dapat melihat bagian pendopo kraton beserta benda benda milik kraton. Beberap ada yang menjual perhiasan perak di tempat ini

Adapun aneka hiburan rakyat yang digelar di sekaten antara lain : Kethoprak, Wayang Kulit, dan seni Jathilan. Selain dapat hiburan dan cuci maata melihat berbagai jualan, anda akan disuguhkan dengan pameran ilmu pengetahuan yang diadakan lembaga tertentu di tempat ini . Nah semoga liburan anda pas dengan perayaan sekaten sehingga anda dapat menyaksikannya

Pasar Beringhardjo

Berlokasi di pusat “jantung” perekonomian kota jogjakarta, yaitu  satu kawasan dengan kawasan Malioboro. Pasar Beringharjo mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hendak berbelanja. Julukan Sebagai  salah satu pasar tradisional terindah di Jawa mungkin  bukanlah sebutan yang berlebihan untuk Pasar Beringharjo.

pasar-beringharjo

Pasar Beringharjo telah menjadi pusat kegiatan ekonomi selama ratusan tahun dan keberadaanya mempunyai nilai historis dan filosofis yang cukup panjang tidak dapat dipisahkan dengan kraton Yogyakarta. Pasar yang telah berkali-kali dipugar ini melambangkan satu tahapan kehidupan manusia yang masih berkutat dengan pemenuhan kebutuhan ekonominya.

Berbagai keperluan sehari dapat kita temukan disini, dan yang paling terkenal dari Pasar Beringharjo adalah koleksi Batiknya. Sebagai sentra pasar batik terbesar di Jogjakarta Beringharjo adalah tempat terbaik karena koleksi batiknya lengkap. Mulai batik kain maupun sudah jadi pakaian, bahan katun hingga sutra, mulai yang murah sampai yang mahal  tersedia di pasar ini.

Jika kita masuk dari pintu gerbang barat , Pengunjung langsung akan menjumpai Koleksi batik kain. Sementara koleksi pakaian batik dapat dijumpai hampir di seluruh pasar bagian barat. Selain pakaian batik, los pasar bagian barat juga menawarkan baju surjan, blangkon, dan sarung tenun maupun batik. Selain koleksi Batik , Sandal dan tas yang dijual dengan harga yang murah  dapat kita dijumpai di sekitar eskalator Pasar bagian barat.

Di bagian  timur dari Pasar Beringharjo terdapat penjual souvenir atau barang untuk oleh-oleh yang dapat dibeli dalam jumlah grosir / lusinan sehingga harganya bisa lebih murah. Di tempat ini pula banyak ditawarkan Aneka  Imitasi perhiasan dan perlengkapan pengantin, Sehingga tidak jarang, Banyak Tata rias pengantin ( Adat Jawa ) yang berburu koleksi terbaru perlengkapan pengantin di pasar ini.

Di lantai dua Pasar merupakan tempat yang asyik bagi anda untuk berburu barang antik. ada helm buatan tahun 60-an yang bagian depannya memiliki mika sebatas hidung dan sebagainya. Di lantai itu pula, anda dapat memburu barang bekas berkualitas. Berbagai macam barang bekas impor seperti sepatu, tas, bahkan pakaian dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga aslinya dengan kualitas yang masih baik.

Di lantai dua  juga merupakan sentra jamu, jadi  jangan heran bila mencium aroma jejamuan yang sangat menyengat ( namun tetap menyehatkan.hehe). Lokasi ini memang merupakan pusat penjualan bahan dasar jamu Jawa dan rempah-rempah. Bahan jamu yang dijual misalnya kunyit yang biasa dipakai untuk membuat kunyit asam dan temulawak (pahitnya minta ampun) yang dipakai untuk membuat jamu . Rempah-rempah yang ditawarkan adalah jahe ,kayu manis dsb.

Puas berkeliling di bagian dalam Pasar , tiba saatnya untuk menjelajahi daerah sekitar pasar dengan pesona belanja yang  tak kalah menarik. Kawasan utara Pasar yang dahulu dikenal dengan Kampung Pecinan . Anda bisa mencari kaset-kaset oldies dari musisi tahun 50-an yang jarang ditemui di tempat lain. Selain itu, terdapat juga kerajinan logam berupa patung Budha dalam berbagai posisi.  Dan Bagi kolektor uang kuno, tempat ini juga menjual uang dari berbagai negara, bahkan yang digunakan tahun 30-an.

Seperti pada umumnya pasar tradisional, Untuk mendapatkan barang di Beringharjo , para pengunjung harus pintar-pintar menawar demi mendapatkan harga murah. Berikut beberapa Tips dalam berbelanja di sini

Benteng Vredeburg

Benteng bersejarah ini terletak di ujung Malioboro sebelah selatan. Merupakan benteng peninggalan Belanda yang telah dipugar. Di depan benteng ada monumen serangan umum 1 maret. Benteng Vredeburg ini dibuka setiap hari, kecuali hari Senin, dengan jam buka 08.00 – 16.00

Alinds Transport Sewa Mobil Jogja Designed by www.pixelldesign.com
KONTAK WA 1
KONTAK WA 2
LOKASI KAMI