Rental Mobil dan Paket Wisata Jogja Murah – Alinds Transport

Mengungkap Keindahan Pantai sadeng

Pantai sadeng merupakan  Salah satu pantai yang terletak di Desa Songbanyu Kec. Girisubo paling Timur kota Yogyakarta.  Pantai ini berbatasan langsung dengan kawasan Pracimantoro Wonogiri, Jawa Tengah.Pantai ini mempunyai jejeran pohon yang berbentuk langskap dengan dikelilingi perbukitan kapur. Ada berbagai macam jenis pepohonan yang berdiri tegak seperti  berdiri diatas  perahu para nelayan yang beraneka warna. Banyak hamparan air laut dengan warna biru kehijauan menambah indahnya pantai ini. Air laut yang begitu jernih dengan dihiasi batu karang dan beragam jenis biota laut Nampak begitu jelas tanpa menggunakan alat bantu teropong.Sebelum anda memulai perjalanan menuju Pantai Sadeng jangan lupa untuk mengisi tangki bahan bakar agar sampai ditujuan tidak kehabisan. Karena letaknya terbilang cukup jauh .

Sejarah Pantai Sadeng.

Banyak yang mengatakan jika anda  melakukan perjalanan wisata rasanya tak lengkap jika belum mengenal sejarahnya.  Konon dikatakan Sungai Bengawan Solo memiliki aliran air yang tenang dari hulu yang berada di wilayah bagian utara dan bermuarai di Pantai Sadeng yang saat ini berada di Kabupaten Gunung Kidul. Sekitar empat juta tahun yang lalu terjadinya proses geologi . Lempeng Australia banyak menghujam sampai kebawah Pulau Jawa dan menyebabkan dataran Pulau Jawa secara perlahan terangkat. Pada akhirnya arus sungai tak mampu melawan hingga terjadinya arus balik ke utara. Jalur yang pada mulanya begitu Nampak jelas akhirnya menyisakan jejak yang mengering.Wilayah ini berubah menjadi perbukitan kapur yang pada mulanya meupakan tumpukan karang yang berada di sekitar bawah permukaan laut.

pantai-sadeng-2

Perkembangan wisata Pantai Sadeng menjadi pusat pelabuhan sekitar tahun 1983 beberapa rombongan nelayan ikan  dari daerah Gombong Jawa Tengah mulai datang ke tempat ini. Mereka beranggapan bahwa Pantai Sadeng memiliki banyak potensi sebagai tempat untuk melaut. Tantangan Yang bisa dibiilang cukup berat tidak hanya menghadapi terjangan ombak laut selatan namun juga beberapa penduduk memiliki kepercayaan dilarang melaut dan kawasan pantai yang konon wingit.

Pada tahun 1986 banyak didirikan tempat tempat pelelangan ikan dan pelabuhan yang sudah dilengkapi berbagi jenis mercusuar sebagai pendukung segala aktivitas perikanan. Menginjak tahun 1989 berdirilah sebuah koperasi yang digunakan dalam membantu para nelayan .Hingga akhir tahun 1995, berdirilah kantor yang mengurusi berbagai macam hasil tangkapan ikan dan menjadi pondokan setapa yang sudah dikontrakkan oleh para nelayan.

Pantai ini menjadi pelabuhan perikanan  di Yogyakarta yang sangat maju, Hal ini terbukti dengan adanya kelengkapan sarana dan prasarana pendukung seperti perahu motor yang memiliki ukuran cukup besar dengan terminal pengisian bahan bakar  , dijadikan rumah pondokan nelayan sampai tempat untuk pelelangan ikan dan koperasi.Selain surge bagi para pemburu ikan Pantai Sadeng juga terkenal akan keindahan Pantainya. Lantas seperti apa keindahan Pantai kota Sadeng ?

Keindahan Pantai Sadeng banyak yang tertutup oleh beberapa tempat pelelangan ikan dan pelabuhan . Apabila anda ingin menikmati keindahan Pantai Sadeng anda dapat bertanya kepada para nelayan untuk mengetahui letak pantainya. Para pengunjung dapat melewati jalan yang cukup sempit berada disisi sebelah kiti dari tempat pelelangan ikan baru kemudia melewati jalan dipinggir pelabuhan kemudia anda dapat sampai di Pantai Sadeng.Pantai ini terletak disisi bagian timur pelabuhan dan tepatnya disebelah kanan sisi tebing yang berdekatan dengan para pedagang.

Apabila anda ingin berenang dengan nyaman anda dapat berenang disana. Disisi lain ada pemecah ombak yang tidak aman bagi para pengunjung untuk berenang.Keindahan lain yang didapat adalah adanya pemandangan pelabuhan dan perahu nelayan yang banyak bersandar dan berjejer rapi. Pelabuhan ini terbilang cukup bersih meskipun ada beberapa sampah berserakan. Anda dapat mengabadikan moment paling indah dengan mengambil gambar dari pemecah ombak menuju kearah pelabuhan .

Beberapa susunan batu pemecah ombak sangat tertata rapi. Banyak para pengunjung yang mengabadikan moment kebersamaan  dengan mengambil gambar disana. Selain itu , di sekitar area pelabuhan banyak para warga memancing ikan disana.Para pengunjung juga dapat mengikuti dan menyaksikkan pemandangan warga yang asyk memancing.

Related posts: