Wisata Dieng, Kamu Akan Menemukan Hal Menarik Ini

Wisata Dieng cukup populer terutama di kalangan pecinta alam. Banyak perjalanan wisata yang memadukannya satu paket dengan ekspedisi Gunung Sindoro Sumbing. Dieng merupakan kawasan wisata alam dataran tinggi yang berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Tempat wisata alam ini sangat populer dengan beberapa kawahnya.

Namun bukan hanya fenomena alam berupa kawah saja yang menarik untuk dikunjungi. Ada berbagai hal menarik dari sisi berbeda yang bisa jadi referensi anda untuk berlibur.

7 Hal Menarik dari Wisata Dieng

Wisata dataran tinggi memang selalu menarik untuk dikunjungi. Paling tepat dijadikan pilihan untuk refreshing dan recharge semangat. Dieng wajib jadi salah satu tujuan jika Anda ingin liburan bertema alam. Berikut hal menarik yang tidak boleh terlewat jika Anda liburan ke Dieng.

  1. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan objek paling populer di kawasan wisata Dieng. Kawah ini terbentuk akibat letusan Gunung Berapi, membentuk cekungan kemudian terisi dengan air. Kawah Sikidang ini sangat eksotis didukung pemandangan sekitar yang asri serta kesejukan khas dataran tinggi.

Kawah ini masih aktif mengeluarkan material vulkanik seperti gas alam, lumpur dan asap dari belerang. Kawah ini paling populer dan banyak pengunjung sebab lokasinya paling mudah dijangkau. Selain itu mitos yang berkembang dan dipercaya masyarakat menimbulkan rasa penasaran untuk melihat langsung.

Konon letak kawah ini berpindah-pindah setidaknya 4 kali dalam satu tahun. Karena titik kawah yang berpindah inilah kemudian disebut kawah Sikidang. Sesuai dengan karakter hewan Kijang yang enerjik dan suka berpindah-pindah.  Sehingga karena hal tersebut membuat kawah ini menjadi terkenal hingga terdengar ke wisatawan mancanegara.

  1. Kawah Candradimuka

Berbeda dengan Sikidang, Kawah Candradimuka ini bukan berasal dari letusan Gunung Berapi. Namun merupakan rekahan tanah yang masih aktif sehingga sesekali terdengar letusan. Kawah ini menghasilkan letupan air yang seolah selalu bergolak. Anda harus berhati-hati sebab air di kawah ini panas lebih dari 1000C. Hingga jika Anda memasukkan telur mentah  ke dalamnya akan matang hanya dalam beberapa menit saja.

Menurut cerita kawah ini adalah tempat kelahiran seorang ksatria bernama Gatotkaca, atau Jabang Bayi Tetuko titisan dewa. Area kawah yang masih asri jadi spot foto menarik. Selain menikmati keindahan pemandangan sekitar, di area wisata ini Anda bisa membeli berbagai macam kuliner serta souvenir. Tiket masuknya hanya Rp 5.000/orang, sangat terjangkau.

  1. Kawah Sileri

Kawah Sileri merupakan kawah paling luas dibanding kawah lain yang ada di wisata Dieng. Mencakup luas hingga 4 Ha, kawah ini masih aktif. Terakhir meletus pada tahun 2009. Dinamakan Sileri sebab berwarna putih yang dihasilkan dari aktivitas air belerang menyerupai leri atau air cucian beras.

Untuk masuk ke area wisata ini Anda perlu membayar tiket seharga Rp 5.000/orang belum termasuk tiket parkir. Di sini Anda bisa menyewa tempat untuk merebus telur. Caranya cukup celupkan pada air kawah, maka akan segera matang dalam waktu singkat. Aktifitas ini jadi daya tarik wisatawan karena keunikannya.

  1. Telaga Warna

Sangat disarankan mengunjungi lokasi pagi hingga siang hari, sebab menjelang sore biasanya turun kabut. Hal ini terjadi karena lokasinya yang berada 2.000 mdpl. Suhu udara sekitar bisa sangat turun hingga 60 C. Untuk menikmati keindahan wisata telaga berwarna menawan ini pengunjung harus membayar tiket Rp 13.000/orang weekdays dan Rp 17.000/orang week end.

Di area wisata ini Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seperti trekking sepanjang jalan setapak, menikmati sunrise dari balik Gunung, menikmati pesona air telaga dan tentu saja berfoto. Warna telaga berubah warna dari hijau, kemudian biru dan sebagainya menjadi daya tarik. Bersebelahan dengan telaga Pengilon yang cenderung berwarna jernih.

Selain menikmati keindahan kawah dari dekat, Anda bisa melihat dari ketinggian. Terdapat batu pandang yang biasa dijadikan sebagai lokasi berfoto. Bidikannya adalah latar berupa pegunungan dan 2 telaga di bawahnya yang memiliki warna kontras.

  1. Telaga Dringo

Danau ini lokasinya terpisah dari wisata Dieng lainnya. Letaknya di atas pegunungan dikelilingi semak belukar, namun keindahannya tidak tertandingi. Untuk mencapai lokasi ini Anda perlu berjalan 9,5 km dari Desa Dieng atau sekitar 30 menit dengan kendaraan. Daya tarik tempat ini adalah ketenangannya.

Tidak banyak dikunjungi wisatawan sebab bukan merupakan obyek wisata utama. Namun jadi favorit para penghobi trekking. Anda bisa menikmati keindahan air telaga dikelilingi pemandangan hijau dengan mendirikan tenda di sini.

Menariknya sebelum sampai lokasi Telaga Dringo Anda bisa menyaksikan keindahan kawah Candradimuka dari atas. Sesampainya di telaga Dringo, Anda bisa menangkap lansekap 3600 yang indah.

  1. Candi Arjuna

Bukan hanya kawah saja, di wisata Dieng terdapat objek lain yang menarik untuk dikunjungi yaitu Candi Arjuna. Luas komplek candi ini mencapai 90 Ha dengan 5 Candi di dalamnya yaitu Semar, Puntadewa, Arjuna, Srikandi dan Sembadra. Komplek candi ini merupakan candi tertua di Jawa Tengah.

Kompleks candi ini dianggap suci dan dihormati masyarakat sekitar. Gerbang masuknya terdapat patung Kala Makara yang merupakan penjaga. Kala Makara adalah raksasa dalam wujud binatang menurut mitologi Hindu. Di dalamnya terdapat sumber mata air yang juga dianggap sebagai air suci.

Di kompleks candi Arjuna menjelang panen raya sering diselenggarakan tarian tradisional. Tari Rampak Yakso Pringgondani, merupakan pertunjukan paling dinantikan dan menjadi kebanggaan masyarakat. Sekaligus daya tarik wisata Dieng.

Selain itu, Candi Arjuna merupakan tempat untuk Ruwatan pemotongan rambut gimbal. Dilakukan pada tanggal 1 Suro terhadap anak yang memiliki rambut Gimbal. Konon Anak ini adalah pilihan, sehingga pada saat pemotongan semua permintaan si anak harus dipenuhi. Ritual ini jadi viral dan menarik kunjungan wisatawan untuk melihat langsung.

  1. Kuliner khas Dieng

Setiap daerah memiliki kuliner khas yang juga menjadi daya tarik begitu juga dengan wisata Dieng. Paling populer adalah Mie Ongklok, unik dan khas Dieng. Bercita Rasa manis dan gurih, berisi mie kuning rebus dengan campuran kol kemudian disiram kuah kental. Cocok menemani suasana dingin dataran tinggi.

Kuliner khas selanjutnya adalah carica. Manisan buah carica yang ikonik dari Dieng. Tanaman carica ini satu famili dengan pepaya namun bentuknya lebih kecil. Anda bisa membeli manisan carica ini dalam jumlah banyak sebab harganya mudah. Sangat terjangkau dan sangat mewakili sebagai oleh-oleh khas wisata Dieng.

Jadi bila Anda ingin menikmati serunya berlibur ke tempat wisata Dieng, silahkan gunakan jasa sewa mobil kami sekarang juga. Sehingga Anda bisa menikmati berbagai hal menarik yang dapat dirasakan ketika berkunjung ke tempat wisata ini bersama teman-teman, keluarga, atau bahkan pasangan tercinta.

 

Alinds Transport Sewa Mobil Jogja Designed by www.pixelldesign.com
KONTAK WA 1
KONTAK WA 2
LOKASI KAMI