Menelusuri Wisata Tamansari Water Castle Jogja

Wisata Tamansari Jogja akan jadi pelengkap perjalanan liburan Anda di kota ini. Jika berencana mengunjungi Kraton Jogja ada baiknya singgah ke lokasi ini. Sebab terdapat hubungan dengan sejarah dan budaya yang sama. Tamansari merupakan tempat untuk mandi keluarga Kraton, namun kini difungsikan sebagai taman air dan terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung.

Dan bukan hanya satu lokasi saja. Tempat wisata ini sangat luas terhubung dengan berbagai spot menarik penuh filosofis. Sarat makna sejarah dan budaya yang hingga kini keaslian bangunannya masih tetap terjaga. Anda bisa melihat sendiri bagaimana gaya arsitektur tempo dulu dengan paduan warna cat krem klasik yang khas.

 

HAL MENARIK DI TAMAN SARI WATER CASTLE

  1. Memiliki Banyak Spot Unik

Dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1865, taman ini disebut sebagai The Fragrant garden. Dahulu difungsikan sebagai kebun dan taman yang menghasilkan kesegaran karena adanya bunga-bunga. Taman dan kebun ini luas totalnya 10 hektare dengan 57 bangunan. Mulai dari taman air, sumur, lorong bawah air, taman gantung, kolam buatan, kanal air dan danau.

  1. Merupakan Tempat Pemandian Keluarga Keraton

Bangunan ini dibuat sebagai tempat pemandian keluarga Keraton secara khusus. Ada 3 bagian lokasi pemandian yang ada di wisata Tamansari Jogja pertama adalah Umbul Panguras, merupakan kolam utama sebagai tempat mandi Raja. Kedua adalah Umbul Kawitan sebagai kolam untuk mandi putri Raja. Ketiga Umbul Pamuncar khusus untuk mandi para selir.

  1. Terdapat Pulau Cemeti

Banguan selain kolam untuk mandi selanjutnya adalah pulau Cemeti. Pulau ini merupakan pulau buatan, jika Anda ingin mencapai lokasi ini harus melewati lorong bawah tanah. Pada dasarnya pulau buatan ini merupakan area inti sebab digunakan oleh Raja untuk melakukan meditasi. Kebiasaan yang dilakukan untuk menenangkan diri sekaligus mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa.

  1. Terdapat Gapura Panggung

Bagian lain dari wisata Tamansari Jogja adalah Gapura Panggung. Dahulunya digunakan khusus bagi keluarga dan kerabat kerajaan untuk bersantai menikmati pemandangan sekitar taman. Sesekali terdapat pertunjukan tarian tradisional sebagai hiburan. Namun kini tempat ini juga dibuka untuk umum, siapa saja boleh masuk.

Gapura Agung, merupakan tempat khusus untuk transit kereta Kencana. Jika Anda bingung mana lokasinya, cari saja tempat dengan ornamen berupa sayap. Terdapat juga bunga-bunga di sekitarnya.

  1. Terdapat Sumur Gumuling

Sumur Gumuling, untuk mencapai spot ini Anda hanya bisa melewati pintu utama. Sumur Gumuling merupakan masjid untuk tempat ibadah. Dibangun dua tingkat dengan bentuk melingkar mengelilingi sumur. Selain digunakan sebagai masjid, bagian ini juga sebagai tempat perlindungan atau bunker.

  1. Terdapat Gedung Tertinggi di Tamansari Jogja

Gedung kenongo adalah bagian dari wisata Tamansari Jogja yang merupakan gedung tertinggi. Tempat ini dulunya digunakan untuk jamuan keluarga kerajaan atau tamu penting. Namun sekarang digunakan untuk lokasi menikmati matahari terbenam.

 

Harga Tiket Masuk Tamansari

Harga tiket masuk wisata Tamansari Jogja sangat terjangkau. Untuk wisatawan lokal hanya Rp 7.500/orang sedangkan wisatawan mancanegara Rp 15.000/orang. Tambahan biaya Rp 3.000 jika masuk membawa kamera atau video recorder. Anda juga perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000/motor atau Rp 5.000/mobil.

 

 

Fasilitas Tamansari

  1. Banyak Spot Foto Instagramable

Di lokasi wisata ini ada banyak spot foto instagramable. Sering dijadikan lokasi photoshoot, pre wedding, post wedding, foto tahunan dan sebagainya. Bahkan bisa dibilang setiap sudut bisa menghasilkan foto eksotis sebab didukung dengan latar berupa bangunan kuno. Banyak yang mengabadikan keindahan pemandangan menggunakan kamera profesional.

Anda bisa menggunakan jasa foto profesional jika ingin hasilnya lebih maksimal. Tersedia fasilitas foto untuk berbagai paket. Harga yang ditawarkan juga beragam, ada yang khusus untuk mahasiswa jadi sangat terjangkau.

  1. Tersedia Tour Guide

Karena area wisata Tamansari Jogja ini cukup luas, Anda bisa menggunakan tour guide. Jadi runut antara satu bagian dengan bagian lainnya tidak ada yang terlewat. Anda bisa mendapatkan cerita sejarah secara utuh terkait awal mula pembangunan taman hingga berubah fungsinya saat ini sebagai lokasi wisata.

  1. Banyak Toko Oleh-Oleh Khas Jogja

Di sekitar lokasi wisata ini terdapat toko souvenir khas Jogja. Anda bisa mampir untuk mengoleksi cinderamata unik yang ikonik dengan Tamansari. Tersedia juga warung-warung penjaja kuliner khas daerah setempat. Anda bisa istirahat sejenak sambil mengisi perut untuk bekal menjelajah area lain yang lebih eksotis.

  1. Banyak Penginapan Murah

Tidak cukup satu hari mengeksplor lokasi wisata Tamansari? Anda bisa bermalam di sekitar lokasi wisata ini. Tersedia banyak penginapan murah yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat untuk lanjut perjalanan wisata esok hari.

  1. Fasilitas Umum Lengkap

Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan Mushola, toilet dan lapangan parkir. Dari satu spot utama ke spot lainnya ada akses jalan berupa kampung. Salah satu yang akan Anda lewati adalah kampung cyber. Cukup unik, rumah-rumah bergaya klasik khas Jogja bisa Anda jadikan sebagai latar foto.

Akses Menuju Lokasi Wisata Tamansari

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.00-15.00 waktu setempat. Untuk kenyamanan selama menjelajah Anda perlu membawa perlengkapan pribadi seperti topi dan kaca mata. Sebab siang hari terutama musim kemarau cuaca cukup terik. Jangan lupa untuk membawa air minum sendiri atau bekal snack ringan.

Lokasi wisata tamansari Jogja berada di kecamatan Kraton, kota Yogyakarta. Untuk mencapai tempat wisata ini dari arah Stasiun Tugu atau jalan Malioboro Anda bisa naik becak sepeda atau becak motor. Cukup order saja ke Tamansari, Anda akan langsung diantar tepat sampai di depan lokasi wisata.

Bukan hanya sebagai alat transportasi, namun becak ini juga sebagai wisata perjalanan. Anda bisa selfie dengan latar belakang jalan sekitar menuju obyek wisata. Bisa juga mengabadikan momen perjalanan seru dengan action cam.

Anda juga bisa menggunakan motor untuk sampai ke tempat wisata Tamansari. Jika dari luar kota, Anda bisa menyewa motor yang ada di sekitar stasiun Tugu. Bisa juga menyewa mobil jika datang bersama rombongan keluarga atau teman. Sekitar area wisata tersedia lapangan parkir luas yang menampung banyak kendaraan.

Masih masuk dalam kawasan pusat kota, hanya berjarak 1 km dari jalan Malioboro. Tidak sampai 10 menit Anda sudah sampai di lokasi. Sepanjang kanan kiri perjalanan terdapat toko souvenir dan fashion seperti batik dan kaos khas Jogja.

Selain berwisata sejarah di Tamansari Anda bisa sekaligus berburu barang-barang fashion unik sebagai oleh-oleh. Dengan begitu agenda perjalanan wisata Tamansari Jogja jadi lebih maksimal. Lebih lengkap bila Anda menyewa kendaraan untuk berkunjung ke wisata Tamansari ini dengan nyaman. Jadi silahkan hubungi kami bila membutuhkan jasa sewa mobil terbaik.

 

Alinds Transport Sewa Mobil Jogja Designed by www.pixelldesign.com
KONTAK WA 1
KONTAK WA 2
LOKASI KAMI