Tanda Lelah Saat Menyetir

Lelah merupakan salah satu hal yang sangat wajar jika berhubungan dengan menyetir, apalagi jika saat melakukannya tanpa istirahat sekalipun. Biasanya orang akan merasa kelelahan saat menyetir lebih dari 6 jam maka dari itu istirahatlah sejenak untuk mengembalikan stamina yang sudah terkuras untuk menyetir. Sebenarnya tanda tanda kelelahan saat menyetir itu ada namun sebagian orang kurang memahami hal tersebut sehingga dapat menyebabkan hal yang tidak di inginkan seperti terjadi kecelakaan misalnya. Adapun tanda yang harus di pahami dan di perhatikan saat kelelahan saat menyetir antara lain :

1.MENGANTUK

Mengantuk merupakan salah satu tanda yang sangat sering di rasakan oleh orang yang sedang mengemudi. Hal ini di karenakan saat orang mengemudi maka focus yang ada akan tercurahkan semuanya saat di jalan. Hal yang bisa di deteksi saat kelelahan terutama mengantuk adalah bahwa mata serasa sulit untuk di buka bahkan terkadang bisa sampai tertidur sesaat, kepala sangat sulit untuk di tegakkan dan hanya ingin meletakkannya pada setir atau senderan kursi. Maka hal tersebut merupakan tanda bahwa anda sudah merasa kelelahan dan istirahatlah untuk memulihkan stamina seperti semula untuk menghindari hal yang tidak di inginkan atau jika ada bertukarlah dengan teman atau keluarga untuk menggantikannya saat menyetir mobil tersebut.

2.KURANG KONSENTRASI

Hal selanjutnya yang menjadi tanda bahwa anda kelelahan adalah kurangnya konsentrasi saat menyetir hal ini biasanya di tandai dengan salah jalur atau anda selalu keluar jalur saat menyetirnya. Kurang konsentrasi juga mempunyai tanda yaitu bahwa anda suka melamun saat menyetir sedangkan jika  melakukannya anda harus memiliki focus yang cukup tinggi . Hal ini dapat membahayakan keselamatan dan keamanan anda maupun orang lain yang yang ada pada jalur , oleh karena itu jika anda merasa sudah lelah saat menyetirnya maka istirahatlah sejenak untuk minum kopi atau tidur walaupun hanya 15 menit karena hal tersebut akan membantu anda dalam meningkatkan konsentrasi yang ada.

3.LAJU MOBIL TIDAK STABIL

Tanda yang selanjutnya adalah bahwa saat anda mengalami kelelahan maka laju mobil yang anda kendarai akan tidak stabil. Oleh karena itu, jika anda merasa kelelahan sebaiknya carilah rest area untuk beristirahat sejenak. Atau pada saat berada di jalan maka anda harus menjaga jarak dengan kendaraan lain untuk mencegah kecelakaan beruntun jika kendaraan yang ada di depannya mengerem mendadak. Karena hal tersebut merupakan salah satu alternative yang dapat anda gunakan saat tidak di temukannya rest area pada jalur itu. Biasanya jarak yang di rasa paling aman yaitu kira kira 100 meter, hal ini di maksudkan jika laju anda tidak stabil maka mobil lainnya dapat mengatasi masalah tersebut.

Itulah beberapa tanda jika anda sedang kelelahan saat menyetir, hal tersebut perlu diketahui karena itu menyangkut keselamatan dan keamanan anda saat berada di perjalanan. Sekian terima kasih.

 

Related posts:

Alinds Transport Rental Mobil Jogja