Wisata Air Terjun Jogja Paling Hit

WISATA AIR TERJUN TLOGO MUNCAR KALIURANG

Kawasan wisata Kaliurang berjarak 28 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, Kaliurang kini menjadi sebuah kawasan wisata alam dan budaya yang memikat, serta menjadi tempat yang menyenangkan untuk rekreasi keluarga.

Di obyek wisata Kaliurang ini terdapat Air Terjun Tlogo Muncar yang mana berpadu dengan bukit hijau dan bebatuan. Air terjun Tlogo Muncar ini bening dan sejuk.

Di dalam taman seluas 10.000 meter persegi anak-anak bisa bermain ayunan, perosotan, atau berenang di kolam renang mini. Selain itu di taman yang dihiasi oleh patung jin ala kisah 1001 malam dan beberapa jenis hewan ini, anak-anak juga bisa bermain mini car atau memasuki mulut patung seekor naga yang membentuk lorong kecil dan berakhir di bagian ekornya.

Sekitar 300 meter ke arah timur laut dari taman rekreasi terdapat Taman Wisata Plawangan Turgo. Di kawasan taman wisata ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal dari mata air di lereng Bukit Plawangan. Bermain ayunan atau bercanda bersama keluarga di taman bermain yang berada di dalam taman wisata, rasa lelah akan lebur dalam rimbunnya taman perhutani.

Melangkahkan kaki menyusuri sisi timur, melihat beberapa ekor monyet yang berloncatan dan berayun di dahan, menikmati kicau burung di jalur berbatu susun dan tangga berundak di jalan menanjak sejauh 900 meter; mungkin akan sedikit melelahkan, tetapi pemandangan Gunung Merapi di saat cuaca cerah dari Bukit Pronojiwo, akan menggantikan rasa lelah dengan kekaguman.

AIR TERJUN SRI GETHUK

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Letaknya berada di Dusun Menggoran, di Desa Bleberan, di Kec. Playen, Gunung Kidul. Jika berjalan dari pusat Jogja, Anda bisa sampai ke tempat ini dengan menempuh perjalanan dari 1,5 jam sampai dengan 2 jam. Anda bisa berjalan dari jalan Wonosari menuju ke Piyungan. Setelah itu, berjalan lagi ke Bukit Bintang, sampai ada pertigaan gading silahkan belok kanan. Kemudian, Anda akan sampai ke Playen. Artinya Anda sudah sampai di air terjun Sri Gethuk.

 

Spot  dan Kegiatan Menarik di Air Terjun Sri Gethuk

Di bawah ini adalah beberapa spot yang menarik di air terjun Sri Gethuk, antara lain:

  1. Sungai Oya seperti Ular Raksasa

Ini adalah salah satu spot paling seru ketika berada di air terjun Sri Gethuk. Sungai Oya yang berbentuk meliuk-liuk telah membelah pegunungan kapur gunung kidul. Sehingga, jika dilihat secara seksama terlihat seperti seekor ular raksasa yang membelit mangsa. Arus sungai inipun terbilang tenang.

Airnya begitu jernih. Sehingga, hal ini membuat aliran dasar sungai menjadi semakin jelas. Hanya saja, ketika musim hujan tiba, aliran sungainya menjadi makin deras dan warnanya menjadi coklat susu kental manis. Dengan melintasi sungai Oya dengan rakit, Anda bisa sampai ke air terjun Sri Gethuk.

  1. Aliran Air Terjun Bercabang

Meskipun berada di kawasan perbukitan kabur yang identik dengan area yang kering dan tandus, namun kawasan air terjun Sri Gethuk ini selalu mengalir setiap waktu. Entah itu musim kemarau ataupun musim hujan, Anda bisa melihat satu spot yang sangat menarik. Yaitu di aliran air terjun bercabang yang berasal dari tebing di sungai Oyo.

Meskipun airnya berwarna coklat pekat, namun warna airnya ini tidak berubah. Aliran air terjun ini terbagi menjadi 3 cabang dengan 1 cabang menjadi air terjun utama. Bila Anda berkunjung di waktu yang tepat. Anda akan menemukan selendang Dewi nawangwulan atau pelangi yang membentang di permukaan air terjun dengan indah.

  1. Ada Bebatuan yang Terdampar di Dasar

Selain memiliki spot berupa 3 cabang air tejrun di sungai, Anda juga bisa menemukan spot indah yang lainnya dari air terjun Sri Gethuk. Yaitu, adanya bebatuan yang terhampar tepat di dasarnya. Sehingga, hal ini membuat batuan yang berukuran besar tersebut terlihat berundak-undak batu halus dengan warna gading.

Lantai batu tersebut terlihat seperti ornamen yang terdapat dalam goa. Sehingga, jika dilihat dengan baik-baik, lantai batu ini justru terlihat seperti bebatuan yang kerap digunakan dalam kolam renang mewah. Maka dari itulah, dengan melihatnya saja, ini akan membuat liburan Anda terasa makin menyenangkan sambil duduk-duduk dan bermain air di atas bebatuan tersebut.

Kegiatan Menarik di Air Terjun Sri Gethuk

Selain memiliki spot yang menarik, air terjun Sri Gethuk ini juga memiliki banyak wahana yang bisa dimainkan dengan mudah. Yaitu:

  • Menyusuri Sungai dengan Rakit

Karena posisi air terjun Sri Gethuk ini ada di tebing sungai, sehingga untuk mencapainya tersebut Anda harus menyusuri kawasan sungai Oya. Anda bisa naik rakit yang disiapkan pihak pengelola. Dengan rakit inilah Anda bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan dengan menyusuri sungai untuk melawan arus dari hilir ke hilir.

Di sepanjang perjalanan Anda nanti akan menemukan beberapa air terjun yang kecil. Saat air sungainya sedang berwarna jernih, Anda bisa melihat rumput dan bebatuan yang hidup di dasar sungai. Saat melakukan kegiatan inilah Anda bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan, berupa tebing tinggi yang telah mengapit sungai.

Dengan suasananya yang tidak begitu ramai, maka Anda bisa meminta izin kepada pihak nahkoda agar dapat mengontrol lau rakit tersebut. Dengan mendapatkan pengalaman untuk mengontrol rakit sendiri inilah tentunya akan menjadi pengalaman baru untuk Anda.

  • Cliff Jumping

Ini adalah salah satu kegiatan paling seru ketika berkunjung ke air terjun Sri Gethuk. Anda bisa mencoba melompat dari ketinggian tebing dan bebatuan menuju ke dalam sungai. Ada banyak pilihan ketinggian yang bisa dicoba. Untuk pemula, Anda dapat mencoba melompat dari ketinggian tebing yang tidak begitu tinggi.

Namun, jika nyali Anda tinggi, Anda bisa mencoba melompat dari ketinggian tebing berukuran 3 meter hingga 5 meter. Namun, untuk bisa naik ke tebingnya, Anda harus menggunakan tali. Dijamin sekali lompat Anda akan merasa ketagihan. Maka dari itulah, pastikan untuk selalu menggunakan jaket pelampung untuk cliff jumping.

  • Trekking

Selain mencoba menyusuri sungai dengan naik rakit, Anda juga bisa melakukan kegiatan trekking untuk bisa sampai ke air terjun Sri Gethuk. Jalur trekkingnya juga sangat seru. Anda masih harus melintasi jalanan persawahan. ketika padi mulai tumbuh, Anda bisa menikmati area persawahan yang terasa segar. Disinilah Anda bisa berswafoto untuk mengabadikan moment bahagiadi air terjun Sri Gethuk ini.

  • River Tubing atau Body Rafting

Salah satu kegiatan paling asyik disini adalah dengan cara menghanyutkan diri ke sungai memakai pelampung. Kegiatan ini disebut juga dengan body rafting. Anda bisa melakukannya saat akan pulang. Biarkan saja tubuh Anda mengmabang dan terbawa oleh arus sungai sampai ke pemberangkatan rakit.

  • Canyoning

Canyoning ini adalah kegiatan rapelling atau kegiatan menuruni tebing yang bisa dilakukan di air terjun Sri Gethuk memakai tali ken mantle di bawah air terjun ini. Kegiatan ini cocok sekali untuk Anda yang berjiwa muda dan menyukai tantangan. Anda bisa merasakan serunya ketegangan saat melakukan kegiatan ini. Namun ada baiknya lakukan kegiatan ini di pagi hari ketika jumlah pengunjungnya tidak banyak. Sehingga, Anda tidak mengganggu kegiatan mereka.

  • Menikmati Aneka Kuliner Tradisional

Di air terjun Sri Gethuk inilah Anda bisa mencoba aneka kuliner tradisional khas tempat wisata ini yang melezatkan. Yaitu, tiwul, lengkap dengan urap sayur, ikan asing, sambal, dan ikan bakar. Dijamin perut akan terasa kenyang, dan liburan makin menyenangkan.

Fasilitas dan Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Fasilitas di air terjun Sri Gethuk cukup lengkap. Selain ada parkir kendaraan, Anda juga tidak perlu takut saat ingin menggunakan kamar mandi. Karena disini juga ada kamar mandi, warung makan untuk memuaskan perut, dan juga ada tempat persewaan pelampung.

Untuk tiket masuknya adalah Rp 10.000, – per orang. Itupun sudah termasuk dengan tiket menuju ke Goa Rancangkencono. Sedangkan tiket untuk tarif rakitnya sebesar Rp 10.000, – per orang untuk PP. Sedangkan biaya tarif sekali jalannya sebesar Rp 5.000, -. Kemudian, jika Anda ingin menyewa pelampung, maka dikenakan biaya sebesar Rp 5.000, – .

Rute dan Cara Akses ke Air Terjun Sri Gethuk

Ada 2 cara untuk bisa sampai ke Air Terjun Sri Gethuk ini. Dua cara yang dimaksudkan tersebut, adalah sebagai berikut ini:

  • Akses Pertama Jalan Setapak
    Cara yang pertama adalah dengan melewati jalan setapak yang lengkap dengan hamparan sawahnya dan juga lambaian kelapa.
  • Akses Kedua Melalui Sungai
    Pilihan yang kedua untuk bisa sampai ke Air Terjun Sri Gethuk cukup mengangkan tapi se. Karena Anda harus melewati  sungai Oya mengunakan rakit sederhana dari drum bekas dan papan untuk bisa sampai kesana. Tapi jangan kawatir hal ini cukup aman dengan dipandu tukang perahu yang sudah berpengalaman
  • Rute
  1. Bila Anda memulai dari arah kota Yogyakarta ke tempat Air Terjun Sri Gethuk ini, maka Anda bisa mengambil arah ke tempat Wonosari.
  2. Terus saja ikuti jalannya, hingga menemukan pertigaan Gading dan ada papan petunjuk arahnya.
  3. Ikuti papan petunjuk arah itu sampai tiba ke Playen.
  4. Disinilah Anda akan menemukan petunjuk arah yang banyak untuk bisa sampai ke Air Terjun Sri Gethuk dank e beberapa tempat wisata yang lainnya.
  5. Ada baiknya, pilih jalan beraspal. Meski jaraknya lebih jauh dibandingkan off road, setidaknya kondisinya jauh lebih aman dan lebih baik bila melewati jalan beraspal.

AIR TERJUN KEDUNG PEDHUT

Inilah yang selama ini belum diketahui banyak orang, anda yang baru pertama kali mengunjungi Kedung Pedhut akan dibuat berdecak kagum dengan object wisata terpencil ini. Mengapa saya katakan Kedung Pedut menyimpan banyak keindahan, karena tak hanya 1 keindahan tapi ada beberapa hal yang menyenangkan mengunjungi object wisata ini. Pertama jalan menuju object wisata Kedung Pedut sendiri , jalan menuju kesana akan melalui jalan yang berliku liku , belak belok tapi yang membuat betah adalah adalah pemandangan kanan kiri jalan tersebut bisa saya bialang wow super fantastis. Bukit bukit menjulang tinggi hijau dengan tatanan yang apik. Perpaduan warna daun di bukit menghasilkan warna warna yang syahdu dan sagat indah. Saya yakin anda akan dibuat kagum oleh hal tersebut. Bahkan anda juga akan mendapatkan pemandangan sungai sungai bening dengan batu yang masih alami. Jika anda tak tahan dengan pemandangan tersebut pasti akan meminta driver anda berhenti sebentear sekedar anda keluar dari mobil dan menghirup udara , melihat lebih jelas bahkan berfoto di tepi jalan indah tersebut., nah itu baru tahap awal..

Tak hanya sampai disitu, setibanya di kedung Pedut anda akan ditantang oleh jalan kecil yang menurun menuju ke lembah tempat kedung tersebut, Pengertian kedung sendiri adalah danau kecil. Di object wisata ini anda akan mendapatkan aliran air sungai yang bening dan tidak terpolusi. Jalan menuju kedung tersebut akan dibarengi dengan suasana alam yang masih hiaju dan alami, dan ada beberapa pos pemberhentian guna beristirahat jika anda lelah. Nah sampai di Kedung Pedhut disitu ada danau kecil dan air terjun yang bagus. Memungkinkan anda untuk bermain air tapi tetap menggunakan pelampung. Anda bisa berfoto bersama disini dengan pemandangan yang bagus, baik itu di bibir kedung, atau di Jembatan bambu yang ada disana. Jembatan bambu itu terbentang di atas sungai yang airnya jernih.

Untuk tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp 5.000, -/ orang saja. Sehingga, bila Anda ingin menikmati moment paling bahagia di tempat ini, kini Anda bisa mencoba membawa kamera anti air di tempat wisata ini. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati wisata di kedung Pedut ini dengan nyaman, kami sarankan untuk menyewa mobil Avanza di tempat kami. Selain lebih luas, mobil ini pun cukup nyaman digunakan liburan bersama dengan keluarga dan teman – teman.

Anda bisa menyewa mobil Avanza dari kami untuk menuju kesana.lebih dari itu mobil avanza ini bisa Anda gunakan untuk berbagai macam perjalanan. Entah itu utnuk perjalanan pendek ataupun jauh, seperti liburan di tempat ini, tetap saja mobil ini cocok sekali dipakai untuk berwisata bersama orang banya

Alinds Transport Sewa Mobil Jogja Designed by www.pixelldesign.com
KONTAK WA 1
KONTAK WA 2
LOKASI KAMI