Wisata Jogja yang Dekat Malioboro

Wisata Jogja dekat Malioboro sebetulnya juga banyak. Jadi jika Anda baru pertama kali ke kota ini dengan cara naik kereta api tidak perlu jauh-jauh menjelajah. Anda bisa menghabiskan waktu menikmati keindahan tempat-tempat menarik di sekitar Malioboro. Jalan Malioboro sendiri hanya berjarak beberapa meter dari pintu keluar stasiun Tugu.

Anda bisa berjalan kaki atau naik becak untuk mencapai titik awal jalan Malioboro. Selanjutnya Anda bisa mulai eksplore destinasi populer sekitarnya. Penunjuk arah jalan Malioboro sendiri merupakan spot foto yang sering jadi rebutan. Penanda bahwa liburan di kota Jogja dimulai.

Jalan malioboro mungkin sudah biasa dijelajahi. Ingin sesuatu yang berbeda terutama untuk feed sosial media, Anda bisa mulai dari tempat-tempat menarik berikut ini.

  1. Benteng Vredeburg

Tepat berada di ujung jalan Malioboro terdapat situs peninggalan sejarah. Bangunan ini sering dijadikan sebagai spot foto prewedding tema tempo dulu. Benteng Vredeburg berdiri kokoh dengan dominasi warna putih. Sangat cocok dijadikan sebagai latar foto segala tema. Ada patung perjuangan yang bisa Anda ambil sebagai objek tambahan.

Selain mengambil foto dengan lokasi yang ikonik sarat sejarah ini Anda bisa masuk ke dalam museum. Di dalamnya terdapat koleksi benda-benda peninggalan sejarah, rangkuman berupa diorama dan patung-patung.

Terdapat juga ruang perpustakaan, pertunjukan, ruang audio visual, ruang pertemuan dan masih banyak lagi. Tiket masuknya untuk anak-anak Rp Rp 2.000, dewasa Rp 3.000 dan wisatawan asing Rp 10.000.

Banyak orang mengunjungi tempat ini karena dianggap sebagai sebuah situs peninggalan bersejarah yang sangat menakjubkan. Itulah kenapa meski sudah tua usianya, namun tetap saja jumlah pengunjung yang berdatangan semakin banyak dari waktu ke waktu, terlebih ketika musim liburan tiba.

Museum Benteng Vredeburg

  1. Titik Nol Kilometer

Bukan secara spesifik sebagai tempat wisata Jogja dekat malioboro. Titik ini merupakan bagian dari jalan Malioboro yang paling ramai dikunjungi setiap waktu. Daya tariknya adalah berupa perempatan jalan yang masing-masing sudutnya bisa jadi latar foto menarik khususnya di malam hari.

Selain itu terdapat patung bulat menyerupai telur yang biasa digunakan untuk duduk dan berfoto. Latar lainnya adalah deretan becak parkir yang menunjukkan ciri khas jalan Malioboro. Dan spot foto paling ikonik tentu saja di bawah penujuk arah dan papan bertuliskan kilometer nol.

 

  1. Keraton Jogja

Obyek wisata Jogja dekat Malioboro selanjutnya adalah Kraton. Dari kilometer nol sudah tampak bangunan Keraton. Anda bisa mencapai lokasi dengan naik becak selama kurang dari 10 menit. Di dalamnya terdapat beberapa gedung dengan fungsi masing-masing seperti gedung pertemuan, pertunjukan, diorama dan manekin, koleksi benda-benda sejarah hingga pojok souvenir.

Tiket masuknya Rp 5.000/orang dan ada tambahan biaya jika Anda membawa kamera. Tersedia tour guide yang siap mendampingi jika Anda perlu informasi lebih jelas mengenai sejarah dan perjalanan Keraton serta keluarga Kerjaan yang tinggal di dalamnya.

Kraton sultan palace jogja 8

 

  1. Tamansari / Water Castle

Masih seputar Keraton, terdapat tempat wisata Jogja dekat Malioboro yang eksotis sarat makna sejarah. Tamansari merupakan bangunan yang dikenal sebagai taman air. Difungsikan untuk pemandian keluarga Keraton. Namun sebetulnya lebih dari itu, Anda bisa mengeksplore lebih banyak mulai dari Kolam Tamansari, Gapura Panggung, Gapura Agung, Sumur Gumuling, Gedung Kenongo.

Area wisata Jogja dekat malioboro ini cukup luas namun harga tiketnya sangat terjangkau. Untuk wisatawan lokal tiket masuknya sebesar Rp 7.500/orang dan tambahan biaya Rp 3.000 jika membawa kamera. Sebaiknya berkunjung pagi hari karena makin siang makin ramai. Anda bisa naik becak dari kilometer nol atau langsung dari stasiun Tugu.

Taman Sari Yogyakarta water castle 20

  1. Alun-alun Kidul / Alkid

Masuk ke area ini tidak dikenakan tiket namun hanya membayar karcis parkir kendaraan. Lokasinya masih ada di sekitar Keraton. Area ini ramai di malam hari dengan banyaknya muda-mudi menghabiskan waktu sambil makan minum dari penjaja makanan yang ada. Anda bisa mencoba becak lampu berkeliling area alun-alun sebagai salah satu aktivitas.

Daya tarik utama lokasi wisata ini adalah mitos permainan laku masangin. Yaitu berjalan sambil menutup mata dari 1 pohon beringin ke pohon beringin lain yang ada. Konon hanya orang yang hatinya bersih dapat berjalan lurus, dan karena keberhasilannya jalan lurus maka permohonannya dapat terkabul.

alun alun selatan alkid jogja 3

  1. Taman Pintar

Diresmikan pertama kali oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 16 Desember 2008. Taman pintar menjadi obyek wisata tujuan utama para pelajar saat study tour. Di dalamnya terdapat berbagai pengetahuan yang disajikan dengan cara lebih menarik dan fun. Terdiri dari beberapa bagian yaitu Gedung Memorabilia, Gedung Oval, Gedung Kotak, Planetarium, Gedung PAUD. Masing-masing memiliki zona khusus sehingga bisa belajar lebih spesifik.

Buka mulai pukul 08.30 sampai 16.00 untuk weekend, sedangkan week day hanya sampai pukul 15.30. Tiket masuk Rp 12.000 untuk anak-anak dan Rp 20.000 dewasa. Di area outdoor terdapat wahana berupa kapal yang bisa dinaiki dengan membayar Rp 6.000/orang. Taman air untuk anak main dilengkapi area untuk mandi. Obyek wisata Jogja dekat Malioboro satu ini cocok untuk anak balita hingga usia sekolah dan kuliah.

rute taman pintar

  1. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo sangat populer. Sebetulnya bukan sebagai obyek wisata namun pasar biasa yang menjual aneka barang termasuk souvenir khas Jogja dan batik. Pasar ini sering dijadikan tujuan utama wisatawan membeli batik dan oleh-oleh. Di depan pintu masuknya terdapat kuliner legendaris yang viral yaitu pecel senggol.

Lokasinya masih berada di sepanjang jalan Malioboro. Malam hari area sekitarnya digunakan untuk menjual berbagai makanan khas seperti bakpia, yangko dan yang paling viral yaitu oseng mercon. Jadi tidak perlu khawatir jika lupa membeli oleh-oleh saat nongkrong di sekitar Malioboro.

  1. Gembira Loka zoo

Jaraknya hanya satu kali naik busway atau Trans Jogja. Lokasi wisata Jogja dekat Malioboro ini berupa kebun binatang dengan koleksi yang lengkap. Paling baru terdapat zona Savana yang merupakan koleksi hewan khas Afrika. Selain pemandangan sejuk, kebun binatang ini bisa sebagai sarana liburan edukasi bagi anak.

Kebun BInatang Gembira Loka Zoo Jogja

Cocok juga sebagai tempat untuk berfoto dengan memanfaatkan wahana yang ada. Anda bisa naik kapal, speed boat, duduk di panggung zona burung, masuk area goa di zona reptil dan sebagainya. Areanya sangat luas, jangan lupa membawa bekal dan perlengkapan pribadi. Tempat wisata Jogja dekat Malioboro ini sangat cocok sebagai pilihan liburan atau akhir pekan bersama keluarga.

Kemudian bagi yang ingin menikmati wisata Jogja dekat Malioboro bersama rombongan, silahkan hubungi kami. Kami siap memberikan kemudahan dengan memberikan layanan sewa mobil dengan berbagai tipe untuk menjamin kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara dan berlibur ke berbagai tempat.

Alinds Transport Sewa Mobil Jogja Designed by www.pixelldesign.com
KONTAK WA 1
KONTAK WA 2
LOKASI KAMI