Wisata Romatis Di Hutan Mangrove Kulonprogo

Hutan mangrove merupakan salah satu tempat wisata yang sedang tren pada tahun 2016. Tempat seperti hutan mangrove dianggap mempunyai suasana alam namun juga bisa memunculkan nuansa romantis juga.

hutan mangrove-kulonprogo

Kulonprogo juga mulai mengembangkan wisata hutan mangrove yang sekarang ini mulai banyak di kenal banyak orang. Kalau kita mengunjungi Kulonprogo hanya untuk melihat pantai glagah indah dan juga pantai trisiknya saja, sekarang di Kulonprogo kita bisa melihat dan meikmati hutan mangrove pantai congot. Sesuai dengan namanya, memang objek wisata ini akan lebih menonjolkan kepada keindahan hutan mangrove atau hutan bakau yang ada di pantai congot Kulonprogo.

jembatan api api

Di area hutan Mangrove ini memiliki 4 spot wisata, yaitu pantai pasir kadilangu, pantai pasir mendit, pantai wanatirta, pantai maju lestari, dan juga jembatan api-api. Nah dari ke 4 spot tersebut, yang paling hits adalah jembatan api – api.

Jembatan Api Api

Jembatan api – api ini ada di dusun Pasir Mendit, barat sungai Bogowonto. Jembatan ini dibangun dari tahun 2011 untuk mobilisasi terhadap penambak udang. Namun, belakangan ini, jembatan ini cukup berperan penting sebagai pendukung pariwisata yang menjadi popular. Sehingga, tak heran bila banyaknya pengunjung yang berfoto tepat di atas jembatan api – api ini dulu sempat membuat jembatan menjadi ambruk.

jembatan-api-api

Namun, ketika sudah direnovasi total, kini jembatan menjadi lebih cantik. Bahkan, tempat ini cocok sekali bila dijadikan sebagai spot foto yang sangat menggoda dengan konsep yang beraneka ragam.  Karena itu juga tak heran bila banyak orang suka berfoto ria di tempat ini. Beberapa spot foto itu meliputi di bawah ini:

jembatan api api 2

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Hutan Mangrove

Hutan mangrove Kulonprogo ini sebenarnya tidak terletak di pantai congot, namun karena memang letaknya yang sangat dekat dengan pantai congot, maka dari itu hutan mangove ini dianggap berada di pantai congot. Kalau kita berada di pantai congot kita hanya perlu berjalan ke arah barat selama 15 menitan untuk sampai ke hutan mangrove. Secara administratif, hutan mangrove Kulonprogo ini terletak di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo. Letaknya kita bisa pastikan di sebelah barat dari sungai Bogowonto. Lebih tepatnya akan kami singgung di bawah ini:

  1. Untuk yang datang dari jauh bukan dari Kulonprogo asli kita akan sangat mudah untuk menemukan objek wisata hutan mangrove ini. Kita bisa langsung pergi ke arah Wates setelah kita tiba di jogja.
  2. Kemudian kita bisa lanjutkan perjalanan kita menuju ke patung kuda. Lalu kita bisa ambil arah ke kiri untuk menuju ke Purworejo, ikuti jalan lurus sampai kita tiba di terminal wates.
  3. Kemudian kita bisa lanjutkan perjalanan ke arah barat sampai ada pertigaan pertama kita ambil arah kiri, cari jembatan lalu ambil kiri lagi.
  4. Dari sini kita sudah bisa mengikuti beberapa petunjuk yang akan menuntun kita ke hutan mangrove pantai congot.

Tiket Masuk

Hutan mangrove ini buka setiap harinya. Untuk harga tiket sendiri seharusnya gratis, namun untuk konservasi hutan mangrove kita akan dikenakan biaya sebasar Rp. 3.000,- saja.

Related posts:

Alinds Transport Rental Mobil Jogja